https://siproda-ns.strada.ac.id/wp-content/sqris/https://simfoni.uny.ac.id/file-login/
Website Resmi Kecamatan Arjasa

Kecamatan Arjasa Laksanakan Musrenbang Kecamatan Tahun 2023

Locksmith

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di kecamatan yang bersangkutan.

 

Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada Perangkat Daerah (PD) yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja PD pada tahun berikutnya. Musrenbang Kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Pebruari dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja Kecamatan.

 

Lembaga penyelenggara Musrenbang Kecamatan adalah Kecamatan dan Bappeda. Kecamatan bertugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan serta mempersiapkan dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan. Bappeda bertugas untuk mengorganisasi penjadwalan seluruh Musrenbang Kecamatan, mempersiapkan Tim Pemandu, dan dokumen-dokumen yang relevan untuk penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan.

 

Adapun tujuan Musrenbang Kecamatan adalah :

  1. Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan lintas desa atau bukan kewenangan desa sesuai DU RKP Desa di wilayah kecamatan.
  2. Membahas dan menyepakati usulan rencana prioritas kegiatan kelurahan di wilayah kecamatan.
  3. Membahas dan menyepakati daftar prioritas pembangunan kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan lintas desa dan kelurahan.
  4. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan berdasarkan bidang dan organisasi perangkat daerah.

 

Keluaran yang dihasilkan melalui pelaksanaan Musrenbang Kecamatan adalah :

  1. Adanya rumusan Rencana Kerja Pembangunan Kecamatan (RKP Kecamatan).
  2. Daftar prioritas kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan menurut fungsi/ PD atau gabungan PD, yang siap dibahas pada Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Musrenbang Kabupaten, yang akan didanai melalui APBD Kabupaten dan sumber pendanaan lainnya. Selanjutnya, daftar tersebut disampaikan kepada masyarakat di masing-masing Kelurahan oleh para delegasi yang mengikuti Musrenbang Kecamatan.
  3. Adanya Daftar Usulan Rencana Kerja Pembangunan Kecamatan (DURKP Kecamatan) yang diajukan dalam Musrenbang Kabupaten.
  4. Terpilihnya delegasi Kecamatan untuk mengikuti Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Musrenbang Kabupaten.
  5. Berita acara Musrenbang Tahunan Kecamatan.

 

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Arjasa pada hari Rabu tanggal 8 Pebruari 2022 sesuai Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan, antara lain kapasitas ruang rapat, peserta rapat (jumlah terbatas, hadir menggunakan masker), durasi rapat dibatasi, serta standar pelaksanaan (menjaga jarak, tempat cuci tangan/hand sanitizer, thermos gun) yang dihadiri oleh delegasi desa, anggota DPRD yang berasal dari Dapil yang bersangkutan, LSM yang mempunyai wilayah kerja di Kecamatan Arjasa, kelompok-kelompok sektoral tingkatan kecamatan,serta kelompok lainnya, kelompok perempuan, perwakilan pengusaha lokal yang didasari pada kemampuannya untuk meningkatkan sumberdaya lokal, Forum Anak, serta Penyandang Disabilitas. 

 

Acara fasilitasi Musrenbang Kecamatan Tahun 2023 dibuka dengan sambutan Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani, S.Pd., M.H. menggunakan teleconference melalui zoom di Intelligence Room (IR) Situbondo. Wakil Bupati Situbondo dalam sambutannya mengatakan bahwa momen Musrenbang ini bisa menjadi landasan, menjadi pijakan yang kuat dalam menyusun perencanaan pembangunan yang efektif dan berkelanjutan, memiliki konektivitas dan sinergitas baik dari struktur pemerintahan terkecil yaitu desa dengan pemerintah daerah hingga pemerintah provinsi dan pusat.

 

Tema Pembangunan Kabupaten Situbondo Tahun 2023 "Percepatan Infrastruktur Strategis Terintegrasi Untuk Peningkatan Investasi Dan Inovasi Daerah Dalam Rangka Kesejahteraan Masyarakat" dengan prioritas daerah sebagai berikut :

  1. Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kawasan Strategis
  2. Pengembangan Produk Olahan Hasil Pertanian, Perikanan, dan Peternakan
  3. Penguatan Kelembagaan Ekonomi dan Kemudahan Akses Permodalan
  4. Penguatan kesiapsiagaan bencana dan bantuan sosial untuk penuntasan kemiskinan ekstrem
  5. Pengembangan Inovasi dan Investasi Untuk Peningkatan PAD

 

 

 

image
Post By - admin

10 February 2022

Satistik Website

Berita Terbaru

Informasi Terbaru